Fenomena Gaji 8 Juta UI

Fenomena Gaji 8 Juta UI

Fenomena Gaji 8 Juta UI - Tulisan ini merupakan pandangan pribadi saya sendiri, perihal saat ini yang terjadi yaitu penolakan gaji 8 juta dari mahasiswa universitas terkemuka yakni Universitas Indonesia. Di pandangan saya ini merupakan hal sangat unik dan ya memang cukup membuat masyarakat sedikit menohok kenapa sampai seperti itu, hanya dikarenakan hanya digaji segitu dia begitu sombong menolaknya. Padahal sebagian besar lulusan fresh graduate bisa diterima bekerja saja Alhamdulilah. :P

Fenomena Gaji 8 Juta UI


Kenapa hal itu bisa terjadi?


Kembali mengingatkan, ini hanya pandangan pribadi saya saja dan juga dari pengalaman saya dan teman-teman saya selama beberapa tahun ini bekerja. Gaji depalan juta menurut saya itu gaji yang cukup besar bagi seorang fresh graduate di Indonesia, kenapa? Dikarenakan pada umumnya fresh graduate yang belum punya pengalaman bekerja pada saat awal bekerja itu ada masa yang dinamakan masa percobaan 3 bulan dan biasanya digaji UMR (upah minimum regional) bahkan kadang dibawah UMR pun tidak. :P

Tentu masalah gaji ini tergantung dimana kita melamar kerja, bidang apa yang kita kuasai & juga negosiasi skill pada saat interview. Fenomena viral ini tentu menjadi pembelajaran sendiri bagi kita semua, dimana seorang fresh graduate dari sebuah Universitas terkemuka di Indonesia menolak gaji awal yang begitu besar.


Bagi seorang fresh graduate, dulu saya sendiri mengalaminya. Pada saat kuliah saya berharap nanti pada saat lulus kuliah saya akan bisa bekerja di tempat yang baik, bergengsi dan bergaji tinggi. Mimpi yang sangat indah saat itu.. hehe... Sejujurnya lulusan dari Universitas manapun itu tidak menjamin dia akan mendapatkan penghasilan yang tinggi di awal dia lulus. 

Saya ada seorang teman kerja yang lulusan dari lulusan Universitas Negeri yang sangat terkenal di kota Bandung dan tersohor di Indonesia khususnya di bidang teknologi. Mungkin kalian akan heran, bahkan saya sendiri terkaget dan heran pada saat teman saya yang seorang HRD bercerita bahwa gaji dia cuman sekian, kalau bisa dibilang ya dibawah UMR. Sooo.. jadi Saya bisa mengatakan bahwa kalian dari lulusan terkemuka janganlah kalian begitu sombong dengan menolak gaji 8 juta itu.. Walau harus kuakuin dia mungkin punya kemampuan menjual dirinya dengan baik, dimana perusahaan yang dia lamar bisa memberikan gaji awal sebegitu besar. Tapi kepo juga nih. Kamu bisa apa sih? Bisa bikin untung perusahaan berapa sih? :P

Fenomena Gaji 8 Juta UI


Bagaimana caranya kita bisa bergaji besar saat menjadi fresh graduate.

Sebenarnya kita bisa punya banyak cara untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Tinggal apakah kamu tahu caranya? Apakah kamu tahu ilmunya? Kamu ingin penghasilan kamu itu darimana?

Untuk mendapatkan penghasilan dan gaji yang besar pada saat awal kamu akan bekerja. Tips paling paling powerfull yakni Relasi atau koneksi mu dan koneksi seluruh keluargamu. Sudah menjadi rahasia umum bahwa cara untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat yakni dari Referensi teman, kolega atau referensi keluarga.


Fenomena Gaji 8 Juta UI


Cara kedua yakni kenali kemampuanmu dan pekerjaan yang kamu lamar. Adakan riset tentang skill atau kemampuan yang kamu punya apa saja dan di level mana (apakah sudah expert atau belum) serta adakan riset tentang pekerjaan yang kamu lamar di perusahaan tersebut. Sekarang kita bisa dimudahkan dengan cukup bertanya kepada google perihal berbagai pekerjaan dan gaji kita apabila bekerja pada profesi tersebut.

Ketiga kenali perusahaan yang kamu lamar. Tempat dimana kita melamar bekerja sangat menentukan besaran gaji kita. Untuk kamu yang ingin bergaji tinggi, lamarlah pada perusahaan asing. Iya.. Perusahan asing. Disini kamu akan dibayar dengan gaji di atas rata-rata dari penghasilan apabila kamu bekerja di perushaan lokal. Tentu kamu harus tau dong, syarat minimal bekerja di perusahaan asing ini yakni kamu wajib bisa berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan.

CMIIW :)

2 Responses to "Fenomena Gaji 8 Juta UI"

  1. Menginspirasi, mendapat kerja gaji gede emang menjadi harapan

    ReplyDelete
  2. Padahal 8 juta itu kan gedee 😭

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel