Interface & Backstage || Tips Excel 3



Berikut merupakan Interface dan backstage Excel.

Quick Acess Toolbar
Toolbar yang berisi perintah-perintah penting yang sering digunakan, seperti Undo, Redo, Print, Save dan masih banyak lagi perintah yang dapat Andah tambahkan sendiri sesuai dengan kebutuhan. Untuk menambahkan perintah ke dalam Quick Acess toolbar  caranya klik tombol Customize Quick Acess Toolbar , klik pada perintah yang ingin ditampilkan atau pilih More Command untuk menampilkan perintah lainnya.


Ribbon
Kumpulan perintah yang dikelompokkan ke dalam bentuk tab, group dan command button. Ribbon pertama kali digunakan pada Microsoft Office 2007 walaupun tidak pada semua aplikasi, hanya aplikasi dasar saja, seperti Word, Excel, Access dan Power Point. Tetapi pada Ms. Office 2010 keatas tampaknya Ribbon sudah diterapkan pada semua aplikasi. Dengan Ribbon, tombol perintah akan lebih mudah di pahami dan digunakan karena ditampilkan dalam bentuk ikon-ikon canggih.



Baris Judul
Berisi keterangan nama file yang sedang aktif.

Cell
Pertemuan antara baris dan kolom, misalkan sel A1 berarti pertemuan antara kolom A dengan baris ke-1. Di dalam sel inilah tempat untuk memasukkan data.

Formula Bar
Baris yang akan menampilkan isi sel yang sedang aktif atau tempat untuk menuliskan rumus.

Column
Kolom vertikal dengan keterangan kolom A, B, C, D dan seterusnya. Jumlah kolom dalam excel ada 16384 kolom.

Row
Baris horizontal dengan keterangan baris 1, 2, 3 dan seterusnya. Jumlah baris dalam excel ada 1048576

Tab Sheet
Lembar kerja yang terdiri dari baris dan kolom. Tab sheet berguna untuk berpindah ke lembar kerja yang lain dalam satu file. Jumlah sheet atau lembar kerja yang dapat km gunakan dalam satu file yakni 255 sheet.

View Shortcut
Shrotcut yang berguna untuk mengubah tampilan lembar kerja menjadi Page layout dan Page Break Preview.

Zoom Slider
Berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja secara cepat.

Selain tampilan seperti yang telah dijelaskan diatas, terdapat juga fitur baru yang disebut dengan Backstage. Backstage berada pada menu File. Ketika km klik menu file maka lembar kerja yang sedang aktif akan disembunyikan dan km akan melihat tampilan backstage seperti dibawah ini.



1 Response to "Interface & Backstage || Tips Excel 3"

  1. Kadang di tiap versi Excel. Penempatannya beda2 ka. Mgkin bisa dibuat perbandingannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel