Visual Basic For Applications (VBA) pada Micorosft. Excell

        Visual Basic For Applications (VBA) pada Microsoft Excell - Visual Basic for Applications (VBA adalah bahasa pemograman untuk aplikasi Microsoft Excel. Ketika Anda membuat macro maka secara otomatis Anda telah menambahkan kode visual basic ke dalam Excel. Dan setiap kali macro dijalankan maka kode visual basic juga dijalankan.



Kode visual basic yang berasal dari macro dapat diedit atau ditambah sesuai dengan keperluan. Selain, kode yang berasal dari macro, Anda juga dapat menulis sendiri kode visual basic agar lebih optimal.

Praktek 
------------------
Sebagai  contoh berikut ini Anda akan coba membuat sebuah kotak pesan "Selamat Bekerja" menggunakan kode VBA. Lihat gambar dibawah.



Langkah 1 : Buka lembar kerja baru di Excel 2010

Langkah 2 : Aktifkan tab Developer, klik Visual Basic



Langkah 3 : Jendela Microsoft Visual Basic for Applications ditampilkan

Langkah 4 : Disebelah kiri terdapat jendela Project-VBAProject, klik kanan pada pilihan This Workbook lalu pilih View Code.

 

Langkah 5 : Ketik kode berikut ke dalam jendela kode.

Private Sub Workbook_Open () MsgBox "Selamat Bekerja" End Sub



Kode tersebut akan menampilkan pesan Selamat Bekerja ketika pertama kali Anda membuka file tersebut.

Langkah 6 : Tekan tombol F5 atau klik tombol Run untuk menjalankan kode. Hasilnya di lembar kerja Excel akan tampil sebuah kotak pesan yang berisi teks "Selamat Bekerja" seperti pada gambar pertama diatas.



Langkah 7 :  Tutup jendela VBA nya. Kembali ke lembar kerja Excel. Tekan tombol F12, simpan dengan  nama VBA_final. Pilih format file Excel Macro-Enabled Workbook. Klik Save.

CMIIW :)

0 Response to "Visual Basic For Applications (VBA) pada Micorosft. Excell"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel